Minggu, 28 November 2010

tugas bahasa indonesia part #2 ("budaya facebook dikalangan mahasiswa")




BUDAYA FACEBOOK DI KALANGAN MAHASISWA


Di era globalisasi seperti sekarang ini, jaringan komunikasi sangat berperan, mulai dari kalangan pelajar, pekerja, wirausahawan,  entertainer, bahkan ibu rumah tangga ikut berkecimpung di dalamnya. Saat ini budaya,  pendidikan, dan lain-lain. Sebelum adanya facebook kita mengenal adanya social networking atau jejaring social lannya seperti MySpace dan Friendster, fungsi dan penggunaanya sama dengan Facebook.  Namun kalau kita perhatikan jejaringan Facebook lebih diminati dibanding jejaring sosial lainnya. Ini dikarenakan Facebook lebih banyak content-content nya.
Media jejaring sosial seperti Facebook ini banyak keuntungannya, antara lain bisa terhubung dengan teman-teman lama  yang sudah lama tidak bertemu / menjalin komunikasi, bahkan di luar kota atau pun diberbagai belahan Negara lain. Dapat terhubung dengan kawan-kawan lain dengan melihat friend list dari teman kita atau teman yang direkomendasikan. Dapat mencantumkan biodata/profile dan foto-foto yang kita inginkan. Dapat men-Tag hasil foto untuk di shared ke friend list kita.
Apalagi di kalangan mahasiswa, Facebook seperti makanan sehari-hari, selain untuk saling mengenal satu sama lain, Facebook juga sebagai sarana/wadah community mereka untuk berdiskusi mengenai pelajaran, jadwal kuliah, info jadwal ujian, info materi kuliah dan info-info lainnya. Dapat mengetahui aktifitas teman-teman kita dengan mengupdate status. Selain untuk kepentingan akademik dan sosial, dari segi ekonomi Facebook juga sebagai wadah untuk berjualan, contohnya: para pengguna facebook men-tag foto sebagai sample barang yang akan dijual selain itu dapat berfungsi sebagai sarana mempromosikan suatu tempat, event, barang, ataupun jasa. Ada fasilitas chat untuk berkomunikasi lebih private.
Ada kelebihan ada kekurangan, tentunya Facebook mempunyai kekurangan, antara lain waktu yang dibutuhkan untuk mengakses lebih lama dikarenakan bandwidth nya lebih. Facebook juga dapat merusak suatu hubungan pertemanan, persahabatan, hubungan relationship, ataupun hubungan suami istri. Facebook adalah sebuah sarana untuk menyatakan apa saja dalam bentuk apapun sesuai keinginan kita, apabila kita berfacebook dengan baik maka tidak akan terjadi kesalah pahaman ataupun sesuatu yang tidak kita inginkan. Semua itu tergantung bagaimana kita memanfaatkan fasilitas tersebut.
Pada saat ini budaya facebook di kalangan mahasiswa sangat menjamur, bahkan mahasiswa yang belum memiliki facebook dianggap ketinggalan zaman, setiap harinya mereka asik sendiri dengan handphonenya baik untuk berdiskusi, mengomentari status ataupun hanya sekedar membaca status update friendlist nya. Memang fasilitas jejaring ini sangat membooming disemua kalangan, sudah jutaan orang didunia setiap harinya terhubung dengan fasilitas ini. Berdasarkan artikel yang pernah saya baca awalnya jejaringan ini dibuat oleh mahasiswa Harvard sebagai sarana untuk memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama dapat melihat daftar dan data-data teman yang sekelas. Namun penggunaanya diperluas lagi hingga sampai saat ini banyak hal yang bisa diakses pada jejaring ini.
Baik dan buruknya bagaimana kita berfacebook dan memanfaatkan fasilitas ini dapat menentukan bagaimana karakter orang tersebut. Demikian saya buat artikel singkat ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar